BISNIS PROSES ASURANSI JIWA DI INDONESIA
Asuransi jiwa dibagi atas tigas
jenis; kumpulan, individu, dan unit link. Unit link merupakan produk perusahaan
asuransi jiwa yang mengawinkan fungsi proteksi (asuransi) dan investasi.
Asuransi jiwa bersifat komprehensif dan lebih rumit dari asuransi general.
Dalam asuransi jiwa, distribusi atau sumber bisnis dapat dilaksanakan secara
langsung (direct), bancassurance,
agen, dan coasuransi.
Distributor bertugas mengumpulkan data customer yang
nantinya akan diserahkan kepada pihak admin
support atau marketing.
Selanjutnya, data customer yang diperoleh oleh admin support diserahkan ke pihak underwriter untuk dilakukan proses underwriting. Underwriting adalah
sebuah proses identifikasi dan seleksi resiko dari calon tertanggung yang
mengasuransikan dirinya di sebuah perusahaan asuransi. Berdasarkan jenisnya, underwriting dibagi menjadi dua, yaitu
kumpulan dan individu. Dari segi resiko, underwriting
juga dibagi menjadi dua, yaitu resiko standard an nonstandard. Underwriter membutuhkan data yang
digunakan untuk menilai risiko atas obyek pertanggungan yang diajukan oleh
calon tertanggung untuk selanjutnya diterima ataupun ditolak. Hasil resume yang
diterima (polis) kemudian diserahkan ke bidang keuangan. Bidang keuangan akan
memberikan invoice kepada distributor asuransi. Saat invoice sudah dibayar,
polis akan diberikan kepada distributor yang nantinya akan diberikan kepada customer.
Setelah proses underwriting selesai, berlanjut ke proses
perhitungan premi. Dalam hal ini, aktuaris yang perhitungan setoran premi yang
harus dibayarkan customer. Untuk
menentukan besarnya premi yang harus dibayar, aktuaris membutuhkan data berupa
resiko, biaya administrasi, dan tingkat bunga yang berlaku dalam satu periode
tertentu. Kemudian aktuaris melakukan konfirmasi kepada underwriter.
Dalam melakukan proses klaim, underwriter menyerahkan data klaim customer
kepada aktuaris. Aktuaris akan melihat besarnya resiko yang ditimbulkan, data
real customer, dan besarnya cadangan
klaim yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut. Klaim Asuransi yang diajukan akan ditinjau oleh perusahaan untuk
validitasnya dan kemudian dibayarkan kepada pihak tertanggung setelah
disetujui. Accounting akan menghitung biaya yang akan dikeuarkan untuk klaim
dan uang cadangan klaim. Uang cadangan ini akan dijadikan sebagai investasi.
Klaim yang diajukan juga akan dievaluasi oleh bagian risk management. Risk
management juga menjaga stabilitas dan kontrol resiko. Bangkrut atau
tidaknya perusahaan dapat dikendalikan oleh risk
management. Jika risk management melakukan
kecurangan, maka stabilitas perusahaan asuransi dapat terganggu.
Inovasi:
1. CRM (Customer Relationship Management)
CRM atau
Customer Relationship Management merupakan strategi dan usaha untuk menjalin
hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi
pelanggan. Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang
diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional
yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi
dua arah di antara mereka. Dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat
dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek.
CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tentang pelanggan. Berdasarkan apa yang diketahui dari pelanggan, perusahaan dapat membuat variasi penawaran, pelayanan, program, pesan, dan media. Melalui sistem yang menerapkan CRM, perusahaan membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dimana perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan pilihan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan mereka.
CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tentang pelanggan. Berdasarkan apa yang diketahui dari pelanggan, perusahaan dapat membuat variasi penawaran, pelayanan, program, pesan, dan media. Melalui sistem yang menerapkan CRM, perusahaan membentuk hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dimana perusahaan dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan menyediakan pilihan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan mereka.
CRM didefinisikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi. CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut.
Kelebihan CRM:
· Menjaga pelanggan yang sudah ada
· Menarik pelanggan baru
· Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
· Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi.
· Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
· Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system.
· Respon yang lebih cepat ke pelanggan
· Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
· Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang
· Menarik pelanggan baru
· Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
· Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi.
· Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
· Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu system.
· Respon yang lebih cepat ke pelanggan
· Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
· Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang
2.
Kerjasama
Perusahaan Asuransi dengan Bank
Melalui
kerjasama ini, pihak bank dan perusahaan asuransi sama-sama diuntungkan. Pihak
bank memperoleh keuntungan dengan mendapatkan fee based income. Rekening nasabah akan didebet otomatis oleh
banknya sejumlah premi asuransi secara tetap, misalnya setiap bulan, tiga
bulan, atau enam bulan sekali untuk keuntungan perusahaan asuransi yang sudah
membuka rekening di bank yang sama dengan nasabah trsebut. Pendebetan semacam
itu biasanya memerlukan biaya. Biaya inilah yang merupakan pendapatan dari fee
bagi bank terkait. Pihak bank juga memperoleh keuntungan dengan pengendapan
dana yang dapat diputar kembali di pasar uang (money market).
3.
Predictive
Analytics
Menganalisa dan
memprediksi perilaku customer, contoh praktisnya untuk menentukan kemungkinan kerugian,
berdasarkan profil dari pemohon dan perilaku masa lalu dari pelanggan dengan
profil serupa.
Predictive analytic mencoba untuk
menjelaskan, menganalisis dan memprediksi perilaku dengan cara matematika atau
ilmiah. Sebuah perusahaan dapat menangkap dan menganalisa data pelanggan, dan
dengan menggunakan pengenalan pola, teori permainan, algoritma peluang, atau
statistik, upaya untuk memprediksi perilaku pelanggan di masa depan berdasarkan
perilaku apa yang telah terjadi di masa lalu.
4.
Research
and Development
Tugas dari research and development adalah membuat
alternatif investasi dan alternatif efisiensi, serta membuat divisi khusus yang
bertujuan untuk meneliti perilaku konsumen untuk mengembangkan bisnis. Contoh
penelitian bisa berdasarkan keunikan dan kebiasaan hidup suatu wilayah atau
waktu. Belum tentu cara pemasaran asuransi di wilayah A sama dengan wilayah B,
maka dari itu analisis tentang suatu wilayah diperlukan.
mantap sekali mba informasinya.
ReplyDeleteKunjungi juga tempat download ebook pajak dan akuntansi di catatanilmupenaku.blogspot.com
ingin melihat informasi tentang reksadana ? Langsung aja cek : Yukbelireksadana.blogspot.com
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
ReplyDeleteServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id
Slot machine game - Dr. McD's Casino
ReplyDeleteThe game is played using virtual chips 춘천 출장마사지 for you, using 전주 출장안마 the actual chips on 안산 출장마사지 the table. The 세종특별자치 출장마사지 dealer will give you the chips at random without having to bet on the 남원 출장마사지